Rabu, 25 November 2015

FAKTA DARI KANKER PAYUDARA

FAKTA DARI KANKER PAYUDARA
Payudara merupakan salah satu bagian intim yang sangat di  jaga oleh setiap wanita. Banyak wanita di Indonesia menganggap bahwa payudara yang indah akan meningkatkan kepercayaan diri. Maka tak heran bahwa setiap wanita harus mewaspadai bahaya kanker payudara ini, meskipun kanker payudara pada pria juga bisa juga terjadi tapi dalam skala resiko yang lebih rendah.

Sekilas Tentang Kanker Payudara

Kanker payudara (Carcinoma mammae) adalah sel kanker yang menyerang jaringan-jaringan payudara. Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan. Biasanya kanker payudara menyerang wanita, dengan gejala yang diam-diam terjadi pada tubuh tanpa disadari. Tingkat keganasan kanker payudara di bagi menjadi stadium kanker payudara.

Pada tingkatan awal, ciri-ciri kanker payudara stadium 1 ini sebenarnya sudah dapat diketahui. berikut ini ulasan selengkapnya.

Gejala-gejala

kanker-payudara-stadium-1lg-okGejala kanker payudara stadium 1,masih sulit dideteksi, karena pada stadium ini biasanya penderita tidak terdapat rasa nyeri atau sakit pada bagian payudara ini. Akan tetapi, gejalanya sudah mulai bisa dikenali, yaitu :

Timbulnya benjolan kecil pada payudara atau di bawah ketiak yang berdiameter tidak lebih dari 2 cm. Benjolan ini tidak menimbulkan rasa nyeri untuk penderita.
Jika kita menekan payudara, maka akan kerluar cairan putih seperti susu yang tidak berbau.
Kulit payudara mengerut dan pori – pori kulit payudara menjadi kasar.
Cara mengetahui gejala kanker payudara ini, dapat dilakukan dengan pengecekan dini sendiri, seperti berikut :

Kenali bentuk payudara, bandingkan bentuk payudara ketika kita meletakkan kedua tangan di atas kepala dan tangan di pinggang.
Angkat tangan kiri ke atas kepala.
Rabalah payudara dengan menggukan permukaan jari dengan sedikit di tekan. Anda dapat melakukan pola memutar dan naik turun saat menekan dan meraba payudara Anda.
Tekan putting secara perlahan dan perhatikan apakah ada cairan yang keluar.
Periksalah daerah payudara, ketiak, dan tulang dada dalam posisi berbaring.
Lakukanlah langkah yang sama pada payudara kanan
Lakukan langkah-langkah pengecekan dini pada waktu seminggu setelah masa mentruasi. Seminggu setelah masa mentruasi, biasanya hormon estrogen dan progesteron berada pada kadar yang rendah. Pada saat itulah pengecekan dini dapat lebih mudah dilakukan. Lakukanlah pengecekan payudara ini secara rutin, setiap bulannya.